Kamis, 15 Agustus 2013

Cara Cek Windows 7 32-bit Atau 64-bit

Mungkin masih ada yang bingung apa itu 32-bit dan 64-bit. 32-bit dan 64-bit itu mengacu pada arsitektur processornya, processor 32-bit berarti register registernya (unit penyimpanan data terkecil) berukuran 32 bitsedangkan processor 64-bit artinya register registernya berukuran 64 bit.

Register register tersebut digunakan untuk melakukan macam macam operasi, Misalnya c = a + b, maka register "eax" akan me Load nilai dari "a" (di memory), kemudian pada register "eax" ditambahkan nilai dari "b", lalu "eax" ditulis ke memory pada posisi variabel "c" )

Jika anda bekerja dengan ukuran file yang besar dan banyak memakan memori (contoh: video editing) maka Windows 7 64-bit bisa menjadi pilihan karena kinerjanya akan berjalan lebih baik daripada 32-bit. dari segi keamanan juga Windows 7 64-bit lebih unggul karena Driver Windows 7 64-bit harus tersertifikasi ketat oleh vendor jadi lebih sulit untuk di susupi program berbahaya.

Saat anda akan menginstal suatu aplikasi ke Windows 7 anda maka harus memperhatikan kesesuaian antara sistem operasi dan softwarenya. Dalam kasus kasus tertentu suatu installer aplikasi telah terpaket dalam dua versi untuk 32-bit dan 64-bit, sehingga saat menginstal aplikasi tersebut secara otomatis dapat terinstal pada windows 7 64-bit atau 32-bit. Tetapi ada juga aplikasi yang didistribusikan khusus untuk windows 7 32-bit atau khusus untuk 64 bit misalnya okozo sebuah software untuk memasang flash animasi di windows 7.

Anda dapat mengecek Windows di komputer anda dengan tools bawaan Windows sendiri menggunakan directX diagnostic. 
Pada Windows anda klik Start dan ketikan "dxdiag" (tanpa tanda petik) kemudian Enter.





Kemudian akan muncul sebuah halaman informasi seperti gambar di bawah ini.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar